Senin, 19 September 2016

Makhluk Dari Planet Mars


Saya sih sebenernya gak masalah walisongo berasal darimana, mo dari cina, hadramaut atau dari planet mars sekalipun, yang jelas mereka orang-orang shalih, yang lurus agamanya insya Allah, lembut tuturnya (tentunya), indah akhlaknya sebagaimana Sang Nabi mencontohkan hingga manusia berbondong-bondong memeluk ajaran Islam.

Itu poinnya sodare, bukan sukunya, bukan bangsanya, bukan asal negaranya.

Jadi bukan karena Islam turun di jazirah Arab yang orangnya gede-gede, idungnya mancung-mancung lantas orang Arab jadi lebih baik dari kita orang Indonesia yang agak lebih kecil (mo bilang kuntet ntar ada yang kesinggung, saya salah satunya), idungnya minimalis. Itu keliru sodare. Justru saat itu bangsa Arab tengah rusak-rusaknya, dan Nabi kita dengan kesempurnaan akhlaknya, perlahan dengan perjuangan yang bahkan malaikatpun iba melihatnya, membawa bangsa Arab menjadi sebaik-baiknya generasi, seindah-indahnya persaudaraan, dan semaju-majunya peradaban, di masa itu.

Cumaan.. kalo kalian memuja abis-abisan salah satu makhluk dari planet mars, dan nyaris gak menyisakan ruang bagi sebagian orang untuk mengkritisi kekurangannya, karena walisongo berasal dari planet itu, umpamanya. Lalu kalian berasumsi makhluk itu satu-satunya yang pantas memimpin satu kaum, itu ngawur namanya. Dan itu masalahnya.

Begitu sodare, sepakat ya? hah kaga? ya udah gak pa pa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar